Latest Updates

Cara-cara agar Bisnis kita menjadi Unggul dan sukses


Bisnis berkembang pesat dan tumbuh sukses dengan profit berlimpah adalah impian dan dambaan setiap pebisnis dari kelas “teri” hingga kelas “kakap”, dari bisnis rumahan hingga bisnis internasional. Dari bisnis mikro hingga bisnis makro.
Namun, dibalik semua itu banyak para pelaku bisnis yang gagal menggapai impian itu.Mengapa ?
Berdasarkan pengamatan, kegagalan itu lebih banyak disebabkan oleh karena para pelaku bisnis kurang / belum memberi nilai tambah pada bisnis yang mereka geluti.
Menurut para pakar bisnis, agar bisnis berkembang pesat dan tumbuh sukses, nilai tambah sangat diperlukan. Faktor-faktor nilai tambah pun akan membuat bisnis kita unggul.

Dalam bisnis ini kita harus selalu mempunyai nilai tambah,
yang sebetulnya nilai tambah itu secara garis besar di bagi tiga. Kita hanya bisa ambil dua saja , jarang sekali kita bisa ambil ketiga-tiganya.
Michael Tracy dalam bukunya yang berjudul ”Double Digit Grow” yang terjemahan Indonesianya kurang lebih berarti : bagaimana kita tumbuh dua kali lipat. Dia menceritakan  tentang IBM dan perusahaan yang tumbuhnya cuma dua sekian persen tapi ada juga yang 11% dan 20%,dan terus tumbuh. Dan ada Jhonson and jhonson yang tumbuh selama 59 tahun bisnis nya terus tumbuh dan tumbuh terus.
Disini dikatakan oleh Michael Tracy ada tiga cara yang bisa ditempuh agar  kita bisa meraih keunggulan dalam bisnis. Yaitu :

pertama, adalah
harga murah ( tapi bukan murahan ). Dengan  operasional yang paling ringkes dan paling efisien kita bisa memberi  harga murah. Bisa seperti sebuah toko , satu keunggulannya adalah harga lebih murah dari toko lainnya, parkir gratis, discount harga pada tanggal-tanggal tertentu setiap bulan, pembeli bisa dengan bebas memilih sendiri barang yang mau dibeli , dan segala macam yang lainnya,
kedua, produk/barang  bermutu tinggi  , kualitas terjamin, dahsyat luar biasa, mutunya lebih baik di banding barang lain yang sejenis. Barang jenisnya boleh sama, namun yang kita tawarkan adalah produk dengan mutu yang terjamin dan terjaga sepanjang masa. Misalkan, banyak orang berjualan pisang molen. Jika kita bisa memproduksi pisang molen menggunakan buah pisang kapok terbaik,  tepung terigu terbaik, gula pasir terbaik, minyak goreng terbaik meski dengan harga sama atau sedikit lebih mahal tetap akan disukai pelanggan.
ketiga, servis atau pelayanan. Servis itu termasuk kecepatan. Pelayanan yang cepat dan tepat tanpa menunggu lama merupakan salah satu keunggulan dalam bisnis. Coba Anda bayangkan, anda sudah sangat haus lalu memesan es campur tapi pelayanan sangat lama ? Apa yang Anda pikirkan saat itu ?  pasti, anda berpikir…wah kapok aku nggak pingin ke sini lagi.!! Belum lagi ketika Anda melihat ada tamu lain yang ternyata masih teman dekat si pelayan mendapatkan servis lebih dulu,..wah…wah..jengkel rasanya. Atau ada pembeli lain yang langsung main serobot dan kemudian dilayani lebih dulu ????
Itu baru satu sisi servis atau pelayanan. Masih banyak yang lainnya semisal : keramahan pelayan / pemilik bisnis, suasana tempat dan lain sebagainya.
Nah …bagaimana, siap mencobanya ?

1 Response to "Cara-cara agar Bisnis kita menjadi Unggul dan sukses"

  1. point ketiga adalah hal pertama bagi saya...

    ReplyDelete

kunci bisnis internet