Latest Updates

Cara Mencuci Sayuran Agar Bebas Kuman

Sayuran hijau [ misalnya : bayam, kangkung, caisin, kacang panjang, daun pepaya, daun singkong, dll ] merupakan salah satu bahan panganm yang mudah ditumbuhi bakteri maupun bibit penyakit yang lain seperti spora jamur, kista bebeerapa jenis cacing parasit. Oleh karena itu, kita harus sangat memperhatikan kebersihan bahan pangan yang satu ini sebelum kita masak dan konsumsi. Atas dasar alasan tersebut maka  cara mencuci sayuran harus benar-benar  diperhatikan. Kesehatan bisa terancam jika kita mengkonsumsi sayuran yang mengandung bakteri.
Clostridium botulinum merupakan salah satu jenis bakteri pada tanah yang mematikan pada media tumbuh bagi sayuran yang tidak ditanam secara hidroponik. 
Untuk itu Anda perlu mengetahui cara mencuci sayuran  yang benar agar bersih.

pertama, Sebelum menangani sayuran, gunakan sabun antiseptik untuk mencuci tangan Anda

kedua, Jika ada bagian sayuran yang terlihat mulai membusuk atau ada noda yang susah hilang, jangan menunda untuk membuangnya. 

ketiga, Cuci bagian luar sayuran dengan baik, pastikan tidak ada kotoran dan tanah yang tertinggal. 

keempat, Untuk sayur yang berlapis-lapis seperti kol, selada, cuciwis dan sebagainya, buang 1-2 lapis terluarnya.

kelimaLepas setiap lapisannya agar bisa dicuci dengan seksama. 

keenam, Setelah dicuci bersih, Anda bisa mengaduk-aduk potongan sayur dalam larutan cuka, basuh dengan air matang lalu tiriskan. Hal ini untuk lebih memastikan sayuran aman dari bakteri.

dan ketujuh, jangan pernah lupa, cucilah sayuran dengan menggunakan air bersih dan mengalir seperti air kran PAM. [ tapi jangan di sungai atau selokan lho ...? ]
 
Ingatlah bahwa penyakit  bisa datang kapan saja , di mana saja, dalam keadaan apapun kita dan melalui berbagai cara apapun yang terkadang tidak kita duga . Tetaplah cermat sebelum mengkonsumsi makanan. Anda ingin menambahkan tips diatas? 
referensi : tdwclub

1 Response to "Cara Mencuci Sayuran Agar Bebas Kuman"

  1. terimakasih gan informasinya..
    .kalau agan berkenan follow blog saya yah tar saya follow balik?

    ReplyDelete

kunci bisnis internet